Saturday, January 17, 2009

di sekitar kita...selama ini.

Saya ini memang orang yang iseng. Iseng jalan-jalan dengan kamera buluk yang biasa ngerjain orang. Iseng nyuri-nyuri gambar orang yang lagi bengong yang lagi kena syndrom gara-gara ga minum mizone (kalo kata tukang jualan sih 'MIJON'). Tapi di balik itu saya mencoba mencari hikmah yang terselip dari setiap gambar dan wajah-wajah dan keadaan yang saya perhatikan. Saya mencoba mencari makna dari setiap arti kehidupan. Slow motion dan guratan-guratan mereka memang begitu berarti. Dan itulah yang menjadi guru bagi saya. Itulah yang memberi makna pada saya, bahwa inilah kehidupan. Bukan hanya kesenangan yang bisa didapat, tapi juga ada hal dan takdir sulit yang harus dijalankan. Berikut ialah foto-foto yang saya ambil CUMA di INDONESIA (karena emang saya belum pernah ke luar negeri. semoga suatu saat nanti bisa, amin.) dan dari foto-foto ini saya bisa mendapat inspirasi tentang apa yang saya akan lakukan untuk negeri ini nantinya. Semoga bermanfaat.







Foto anak kecil yang tengah duduk di angkot ini berhasil membuat saya menulis. ahh, setiap foto yang saya ambil memang berhasil menginspirasi saya untuk nulis kok. tulisannya bisa dilihat disini.




















Ini adalah foto yang saya ambil di terminal Pulogadung. tampak wanita tengah membaca. ketika itu saya juga tengah membaca buku di bus. dan ketika itu juga ada seorang lelaki yang juga tengah membaca buku, hanya saja saya tidak bisa mengambil gambarnya karena jarak yang jauh dari saya. Ketika itu pun ada perasaan bungah dari saya, ternyata meski sedikit, ada juga orang Indonesia yang suka sekali menghabiskan
waktunya bercengkrama dengan buku.



Foto anak kecil berjaket merah jambu yang saya ambil di trans jakarta jurusan Kota - Blok M ini lucu yah. lihat deh wajahnya. padahal ketika itu ibunya (saya amati) selalu mengomeli anaknya hingga anaknya menangis. wah, termasuk kekerasan dalam rumah tangga nih! kasihan tuh anak.















Foto gelap ini ialah foto dari situasi transaksi jual beli makanan (kayaknya semacam pecel kangkung dan gorengan gitu deh) di jalan menuju pasar Ciputat tepatnya di sebelah fly over Ciputat yang udah jadi. Yang menjual makanan tersebut ialah seorang pemuda. sepertinya usianya masih dua puluhan. umm, sungguh keras usaha membantu keluarganya.














Gambar diatas ialah gambar anak-anak 'peminta-minta' di stasiun Cikampek. anak-anak penunggu kereta api ini biasa menunggu kereta tiba untuk meminta uang receh dari penumpangnya. saya telah menulis artikel untuk ini dan bisa dilihat disini.















Gambar ini merupakan gambar seorang pekerja di Marakash Square Bekasi. tampak ia tengah menyiangi gelas-gelas yang didapatnya.














Foto ini ketika saya tengah di trans jakarta (lagi-lagi) jurusan Harmoni - Pulogadung. lagi iseng aja nge-jepret orang yg ada di bus, eh tapi bliz-nya lupa di-off gituh. jadi ketauan deh lagi moto.
















gambar di atas ini, ialah gambar gerbang keluar kampus saya tercinta yang sampe saat ini saya belum bisa keluar dari sana (doain cepet lulus dunk!! amin!). terlihat situasi tengah sepi, cuma ada satu satpam, satu pengemis, satu pengendara motor, dan tiga pejalan kaki. padahal biasanya rame banget, bahkan bikin para pengendara mobil pribadi senewen, karena salah satu biang macet di Ciputat ya gara-gara banyaknya mahasiswa yang mondar-mandir ke kampus ini.















Gambar diatas ini ialah gambar seorang ibu yang tengah mengajak anak perempuannya sholat. meski sholat si-anak terlihat asal-asalan, setidaknya ia telah mendapat pelajaran sholat sejak dini. saya telah menulis artikel tentang ini. bisa dilihat disini.
















Gambar disamping ialah suasana macet di pasar Ciputat. terlihat bus 510 yang sering jadi tumpangan mahasiswa UIN. bus ini dijuluki 'bis sejuta umat' hehe. saya pun menulis artikel soal ini. bisa dilihat disini.















Bapak ini bernama Pak Sugeng. Dia adalah seorang tukang sayur di area BBS yang saya kagumi. saya pun telah menulis artikel tentangnya dan tentang apa-apa yang kami obrolkan. bisa dilihat disini.















Gambar ini ialah gambar pak Sugeng dari jauh. ya, saya mencuri-curi gambarnya. ketika itu saya belum berani mewawancarainya. tapi setelah ditemani teman, akhirnya saya pun mewawancarainya juga.















Gambar ini... gambar apa hayo? itu adalah gambar anak kecil yang tengah memeluk kardus kuat-kuat bersama ayahnya yang tengah menuntun sepeda. saya menulis artikel untuk gambar ini. silahkan dilihat disini.















Gambar dua orang yang tengah duduk di tangga ini ialah salah dua dari banyak orang yang melanggar aturan 'DILARANG DUDUK DI TANGGA'. diambil di area Blok M, saya pun menulis artikel mengenai fenomena ini. lihat disini.















Gambar ini merupakan gambar kamar mandi umum yang terletak di selokan depan gedung Balai Pustaka, Gunung Sahari Raya. saya menulis artikelnya. lihat disini.




















Yang satu ini ialah fenomena antrian minah alias minyak tanah. saya mengambil gambar sedang ramai-ramainya konvensi minyak ke gas ketika itu. gambar ini diambil di seberang gerbang kampus utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
















Gambar ini ialah gambar pengamen yang saya ambil di bus mayasari bakti jurusan Blok M - Pulogadung (kalao ga salah nomor busnya 57). suara pengamen ini enak betul. saya sangat menikmatinya ketika ia bernyanyi.


Disamping ini ialah gambarnya IRFAN, pengamen sekitar Ciputat yang menjadi salah satu teman kecil saya di kampus. dulu saya pernah ditanya olehnya, "Kak, kapan lulus??" Hoho Irfan, kalo boleh saya bilang, ternyata untuk lulus itu tidak semudah membalikkan tangan. dulu saya sudah buat strategi diatas kertas kalau saya akan lulus pada bulan ini dan lalu nanti saya akan begini. saya pikir skripsi itu mudah banget (emang iya). tapi yang bikin sulit yaa ribetnya bimbingan. banyak kendala-lah pokoknya. dan Soal Irfan ini saya pun menulis artikel untuknya. bisa dilihat disini.

Begitulah hasil keisengan saya. ada rasa kepuasan tersendiri menjepret gambar-gambar yang selama ini saya lalui. karena saya emang suka jepret hal-hal yang tidak biasa, daripada harus menjepret orang-orang yang emang narsis. terkadang dari muka-muka narsis itu tidak ada hikmah yang bisa diambil (walah, piece dah!). dan begitulah akhinya. semoga dengan postingan gambar-gambar dari saya ini, sedikit banyaknya teman-teman bisa bersyukur dengan keadaan yang teman-teman miliki, meski ketika ada masalah kayaknya merasa jadi orang yang paling malang sedunia (itu yang terjadi pada saya sekarang). ya, postingan ini sekaligus menjadi nasehat untuk saya sendiri. sekali lagi, BISMILLAH, moga bermanfaat.

No comments: