Wednesday, June 18, 2008

Father and Son


Gambar di samping mungkin tampak tak begitu jelas bagi anda. Sehingga kalau boleh saya menjelaskan, bahwa gambar disamping adalah sebuah foto yang saya ambil pada hari Selasa, 17 Juni 2008. Foto tersebut merupakan foto dari seorang bapak yang tengah menuntun sepeda yang dinaiki oleh anaknya. Sedang diatas sepeda, sang anak pun terlihat tengah mendekapi tumpukan kardus. Sebenarnya saya juga tidak puas dengan gambar yang saya ambil itu. Karena ketika itu malam hari dan saya sedang berada di atas becak. Susah juga ternyata mengambil pose realita kehidupan daripada mengambil pose orang yang narsis ingin difoto.

Tentang foto ayah dan anak itu. Saya pertama melihatnya ketika berada di angkot. Saya tertarik melihat perjuangan ayah yang menuntun sepeda, anak, dan kardus yang didapatnya dengan berjalan kaki. Dan sepertinya jarak yang harus ditempuh menuju rumahnya cukup jauh. Karena buktinya saya melihat mereka sejak saya sedang berada di angkot, turun dari angkot, dan ketika naik becak. Saya terharu. Semoga perjuangan mereka berbuah keberkahan dan tidak sia-sia. Betapa indah apa-apa yang diraih dengan perjuangan. Betapa terkesan dan tidak terlupakan.

No comments: