Monday, December 15, 2008

Mom, Thank You!


Sabtu pagi itu saya pulang dari kampus. Berjalan penuh lunglai, mengingat sidang untuk skripsi saya akan ditunda lagi hingga February 2009 nanti. Lemas dan sedih sekali rasanya. Impian untuk diwisuda bulan January hilang sudah. Ah Rabb, saya bingung sekali harus bersikap apa kemarin. Marahkah? Menangiskah? Tertawakah? Atau bahkan bersyukur? Dan akhirnya saya memilih menangisi ketidakberdayaan saya.

Saya masuk rumah dengan menemukan ayah saya yang tengah menerima tamu. Saya menyapa dan mencium tangan ayah dan tamu tersebut. Lalu melihat ada ibu di kamarnya, lalu saya mencium tangannya pula sambil bilang kepadanya bahwa saya tidak akan bisa sidang January. Lalu saya menangis dan menuju ke kamar dan melempar tubuh ke kasur. Dan ibu saya menghampiri sambil bertanya, “Kenapa? Salah skripsinya?”

Saya menggeleng, “Dosennya belum mau baca skripsinya.”
“Yaudah, sabar aja.” Akhirnya ibu saya menjawab lagi.
Oh ibu, saya pikir saya akan mendengar jawaban memaki atau mengutuk kelalaian saya atau dosen yang begitu malas membaca tugas akhir saya itu. Tidak ada intimidasi apapun dari anggota keluarga termasuk ayah dan ibu saya gara-gara skripsi saya yang belum selesai juga. Sungguh begitu percaya mereka terhadap semua yang saya usahakan selama ini. Saya bersyukur akhirnya. Memiliki orang tua yang begitu tegar dan paham akan urgensi syukur dan ujian dari Tuhan.

Membicarakan kebaikan orang tua khususnya ibu memang tiada akan pernah habis. Ibu bersabar dengan ujian ketika kelelahan mengandung kita selama kurang lebih sembilan bulan. Lalu bersabar mengasuh kita hingga dewasa seperti saat sekarang ini. Dan bahkan sampai sekarang pun saya masih ketergantungan dengan ibu. Kebaikannya membuat saya begitu mencintainya, meski terkadang dan bahkan amat sering menyusahkan dan membuat sakit hati dirinya. Ya Allah…

Ya Allah… muliakanlah dirinya, ibuku, ibu terbaik di dunia-akhirat
Muliakanlah usahanya, limpahkanlah pahala untuknya
Limpahkanlah ia rasa syukur yang lebih lagi atas karunia-Mu terhadapnya
Jadikanlah ia menjadi ibu yang amat baik
Dan jadikanlah kami, anak-anaknya, sebagai anak yang sholeh-sholehah
Yang berguna dan menjadi kebanggaannya dan selalu menjadi penambah amalnya ketika ia meninggal nanti
Jadikanlah ia istiqomah di jalan-Mu
Dan jadikanlah akhir hidupnya khusnul khotimah
Amin!!

Rabbighfirlii waaliwalidayya warhamhumaa kamaa rabbayani shoghiro… amin!!

No comments: