Sunday, February 15, 2009

Daerah "JEPITAN" ada ngga ya??

Setelah tau pasar Selasa dan pasar Sabtu ada dimana, saya mencoba menelusuri pertanyaan-pertanyaan "nakal" dalam benak saya. Selama ini, sebagai pengamat yang baik, saya selalu menyimpan apa-apa yang saya lihat. Salah satunya nama-nama daerah yang ada di JADEBOTABEK ini.

Dulu ketika SMP, kami biasa meledek teman yang rumahnya di daerah Kampung Rawa Sawah yang ada di bilangan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. "Wah, si Hume, udah rumahnya di Kampung, Rawa, Sawah lagi. heheheh." begitulah kami biasa meledek (Maaf ya Humaedi). Di Jakarta ini pun ada dua nama daerah yang sampai sekarang saya masih penasaran dengannya. Yakni PUPAR yang ada di bilangan Cakung, Jakarta Timur dan PUPAN yang ada di bilangan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. PUPAR dan PUPAN itu kepanjangan dari apa yah? Clue-nya dua daerah ini sama-sama dekat dengan Pom Bensin milik PERTAMINA. Ada yang tau? Mungkin para Caleg mengerti??

Lalu ke bagian Bekasi. Wah kalo ini nama daerahnya agak lumayan (yang orang bekasi jgn Ge-Er). Kalo disini sebagian besar udah disulap jd perumahan siihhh. Ada Harapan Indah, Kemang Pratama, Harapan Baru, dll. Tapi ada satu yang unik yakni Tambun. Kalo mau diistilahkan, Tambun ialah julukan u/ seseorang yang berbadan subur. Tapi eh, nambah lagi, ada daerah PAKU dan Na’in di Bekasi. Uniknya.

Lalu, umm, nah ke daerah TANGERANG. Disini banyak nama daerah unik (meski banyak juga nama daerah (baca: perumahan) yang bagus dan cantik). Di Kosan, saya beserta adik dan dua temannya, yg salah satunya orang Tangerang aseli, cukup seru membahas nama-nama daerah di Tangerang. Disana ada daerah Mauk, Cisauk, Gadog, Balaraja, PIPITAN, KUNCIRAN, dll. Dua nama terakhir inilah yang menarik perhatian saya. Pipitan juga Kunciran. Saya iseng bertanya, “Kunciran itu bukannya yang buat ngiket rambut yah?”. Ifah, adik kelas yang aseli Tangerang itu tertawa lucu. “Wah, kak Dila nih.”, katanya. Seketika itu saya kepikiran, jikalau daerah “Kunciran” ada, berarti daerah “JEPITAN” juga adakah? Hehe.
Silahkan bagi yang bisa menjawab pertanyaan saya, baik dengan ilmiah atau sekedar guyonan penyegar. Atau mungkin juga, teman-teman nemu nama daerah yang unik lagi? Wah serunya di Indonesia ini, nama daerahnya unik-unik.

1 comment:

Unknown said...

Ada mbak, daerahku namanya Jepitan juga, padahal nama daerah aslinya Sarkem alias pasar kembang.
Tapi karena disitu banyak cewe-cewe tukang jepitnya, nama daerahnya brubah jadi JEPITAN wakakakkakak..!!