Sunday, October 5, 2008

Pride & Prejudice: Analisa dan Amatan


Film ini diangkat dari sebuah karya fiksi (novel) karya Jane Austin. Merupakan kisah cinta romantis dengan setting Inggris di abad 19 antara Elizabeth Bennet (Lizzy) yang berasal dari keluarga kelas menengah di daerah distrik di Inggris dengan Fitzwilliam Darcy yang merupakan pemuda keturunan bangsawan yang kaya dan terhormat. Darcy merupakan keponakan dari Lady Catherine, seorang wanita yang paling disegani di daerah tinggal Lizzy. Untuk ringkasan selengkapnya, anda bisa klik disini.

Analisa dan amatan…
=================
Pada awalnya saya ada prasangka (prejudice) dengan novel ini. Saya pikir, novel ini akan berakhir sad ending, yang pada akhirnya Elizabeth dan kekasihnya, Darcy akan berpisah dan memiliki takdir masing-masing. Namun ternyata saya salah. Setelah saya menonton filmnya, saya merubah pendapat dan pemikiran saya tentang karya fiksi dari penulis terkenal Inggris, Jane Austen, yang menulis Pride and Prejudice ini masih memasuki usia awal dua puluh-an.

Terlepas dari segala prejudice saya, saya menilai karya ini bagus. Film Pride and Prejudice pun menarik dan membuat hati saya syahdu. Tidak seperti yang saya pikirkan tentang film barat, film ini merupakan kisah cinta yang sangat elegan dan penuh santun. Tidak ada adegan seronok yang membuat para penonton (yang masih memegang tata moral dengan teguh) harus menutup matanya dengan kedua tangan. Ternyata Inggris pada abad 20-an memiliki tata krama dan kesopanan yang cukup bagus. Mungkin karena pada masa itu agama Kristen masih dalam koridor yang sedikit benar dan ketat. Jika dirunut dalam sejarah, ditulisnya novel ini oleh Austen yakni sebelum jatuhnya Revolusi Industri di Inggris. Begitulah. Cocok bagi bahan analisa teman-teman yang kuliah di jurusan Sastra Inggris dalam mengambil tema tugas akhirnya.
===============================
===============================

1 comment:

Sang Bhumi Sriwijaya said...

gw beberapa hari yg lalu nonton film yg india-nya d Global TV. Ha..ha..lucu
Kemarin ru pinjem novelnya dari pusda.